Harga HP iPhone 6 Plus 2020 Indonesia dan Spesifikasinya

Read Time:5 Minute, 26 Second

Nama besar Apple sebagai salah satu produsen ponsel pintar terkemuka di dunia membuat penjualan iPhone meningkat. Kesan eksklusif dan mewah selalu menempel di semua produk keluaran Apple, salah satunya iPhone 6 Plus yang harga jual konsisten mengalami sedikit penurunan.

Ponsel ini dirilis 5 tahun yang lalu, tepatnya pada bulan September 2015. Lima tahun berselang, apakah ponsel ini masih layak dimiliki di tahun 2020? Berikut ulasannya.

Desain dan Bentuk Body iPhone 6 Plus

Ada sedikit perbedaan mengenai kebijakan pembaharuan sistem operasi antara Android dan iOS. Meskipun iPhone 6 Plus dirilis 5 tahun yang lalu, namun Apple masih memberikan dukungan kepada ponsel ini.

Dukungan Apple terlihat dari rilisan terbaru versi sistem operasi iOS. Ponsel ini dirilis pertama kali dengan sistem operasi iOS 9. Meskipun sudah 5 tahun rilis, iPhone 6 Plus masih dapat merasakan iOS versi terbaru, yaitu iOS 13.

Sedangkan di Android, ponsel yang berumur dua tahun ke atas belum tentu mendapatkan pembaruan terbaru dari sistem operasi Android. Hal ini lah yang menjadi salah satu kelebihan sistem operasi iOS dibandingkan dengan Android.

Harga iPhone 6 Plus

Dimulai dari bentuk dan desain body ponsel. Ponsel ini memiliki bentuk bar yang dibalut dengan body aluminium kokoh. Dengan dimensi 138,3 mm x 67,1 mm x 7,1 mm dan berat 143 gram, ponsel ini sangat nyaman digenggam.

Ukurannya yang tidak terlalu besar membuat iPhone 6 Plus nyaman digenggam dalam waktu yang cukup lama. Kesan mewah langsung terasa saat pertama kali memegangnya.

Namun, pemilihan material di belakang body ponsel membuat ponsel ini sedikit licin ketika digenggam. Untuk menyiasati hal tersebut, Anda bise menggunakan hardcase atau softcase agar nyaman ketika digunakan.

Baca Juga:   Spesifikasi dan Harga HP iPhone 8 di Indonesia Update 2020

Penggunaan softcase maupun hardcase selain melindungi dari licinnya material ketika digenggam juga dapat melindungi badan ponsel dari goresan yang mungkin tercipta ketika digunakan sehari-hari.

Di bagian kiri ponsel, terdapat tombol mute dan tombol volume up and down. Tidak ada perubahan signifikan mengenai letak dan desain body iPhone sejak generasi iPhone 3G sampai iPhone 6 Plus. Kritikan mengenai desain body pun datang dari kompetitor lain.

Pada bagian depan, terdapat sebuah kamera depan, earpiece dan sebuah sensor cahaya di atasnya. Selain itu, terdapat layar dengan besar 4,7 inchi dan sebuah sensor sidik jari yang juga berperan sebagai tombol home.

Harga iPhone 6 Plus

Layar iPhone 6 Plus memiliki resolusi yang sangat tajam. Meskipun resolusinya hanya 1334 x 750 piksel, namun Apple menyematkan teknologi Retina Display sehingga ketajaman layar semakin bagus dan real.

Tombol home khas iPhone yang juga dilengkapi sebagai sensor sidik jari memiliki respon yang cepat dan empuk ketika ditekan. Namun, beredar rumor bahwa daya tahan tombol home pada iPhone 6 Plus cukup rentan. Anda bisa menggunakan tombol assistive touch sebagai alternatif.

Di bagian belakang, terdapat sebuat kamera utama dengan dua buah lampu flash dan logo Apple di tengah body. Sedangkan di bagian bawah terdapat dua buah speaker, mikrofon, port charger dan port earphone jack audio 3,0.

Sistem Operasi dan CPU

Pertama kali dirilis, iPhone 6 Plus memiliki iOS versi 9. 5 tahun berselang, sekarang Anda akan jarang menemukan iPhone 6 Plus yang masih menggunakan iOS 9. Dukungan Apple masih diberikan dengan update iOS 13 untuk iPhone 6 Plus.

Untuk ranah pacu di dalamnya, iPhone 6 Plus dibekali dengan chip A9 64 bit dan kecepatan CPU sebesar 1,84 HGz Dual core dan Ram sebesar 2GB.

Baca Juga:   Spesifikasi dan Harga HP iPhone 8 di Indonesia Update 2020

Melihat besaran kecepatan CPU dan RAM, mungkin Anda akan berpikir bahwa dengan kecepatan sebesar itu, iPhone 6 Plus akan mengalami lag saat digunakan sehari-hari. Nyatanya, iPhone 6 Plus bisa melahap semua aplikasi dan game dengan lancar.

Ini merupakan kelebihan selanjutnya antara iOS dibandingkan Android. Untuk sistem operasi iOS, Apple mendesain semua produk dan aplikasinya dapat berjalan lancar meskipun spesifikasi iPhone tidak terlalu besar.

Besaran spesifikasi di dalam CPU dan RAM antara iOS dengan Android tidak bisa disandingkan head-to-head karena perbedaan ekosistem. Jadi, meskipun sebuah iPhone sudah berumur lebih dari 2 tahun, Apple akan tetap memberikan dukungan berupa pembaharuan sistem operasi iOS.

Untuk memori penyimpanan, di awal perilisan, iPhone 6 Plus hanya diproduksi dengan kapasitas penyimpanan 64 GB dan 128 GB. Namun, Apple memutuskan untuk merilis iPhone 6 Plus versi 16 GB sejak tahun 2017.

Kemampuan Kamera

Apple membekali iPhone 6 Plus dengan dua buah kamera. Kamera utama memiliki resolusi sebesar 12 MP sedangkan kamera depan memiliki resolusi sebesar 5 MP. Kamera utama mampu merekam HD sampai 1080p.

Kamera iPhone 6 Plus sangat bisa diandalkan untuk sekadar selfie atau foto bersama teman. Namun, kualitasnya akan sangat menurun ketika digunakan di dalam ruangan yang minim cahaya.

Konektivitas

Untuk masalah konektivitas, Apple menyematkan hampir semua jenis konektivitas seperti wifi, GPS, bluetooth, dan Airdrop. Namun, Apple tidak menyematkan infra-red dan teknologi NFC.

Padahal dewasa ini, teknologi NFC semakin dibutuhkan karena semakin banyak aktivitas pembayaran dilakukan secara cashless. Apple menyiasati kekurangan NFC dengan fitur Wallet namun fitur tersebut masih sangat terbatas.

Daya Tahan Baterai

Untuk daya tahan, Apple menyematkan non-removable baterai dengan kapasitas 1715 mAh. Memang dengan besaran tersebut, Anda tidak dapat berharap banyak mengenai kemampuan baterai iPhone 6 Plus.

Baca Juga:   Spesifikasi dan Harga HP iPhone 8 di Indonesia Update 2020

Apple mengklaim bahwa iPhone 6 Plus dapat bertahan untuk talk time di jaringan 3G selama 14 jam, penggunaan internet non-stop di jaringan 3G selama 14 jam, 10 jam di jaringan 4G LTE, dan Wifi selama 11 jam.

Kritik ditujukan kepada iPhone dari para kompetitornya mengenai kemampuan kapasitas dayanya yang tidak begitu jumawa. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan sebuah power bank jika menggunakan iPhone secara aktif.

Harga HP iPhone 6 Plus di pasaran

Salah satu kelebihan iPhone dibandingkan ponsel Android adalah harganya yang tidak mudah jatuh ketika kembali dijual. Meskipun sudah dirilis sejak 2015, namun kisaran iPhone 6 Plus masih lumayan tinggi.

Untuk iPhone 6 Plus kapasitas 128 GB di pasaran masih dibanderol dengan harga Rp 3.150.000. sedangkan untuk kapasitas 64 GB, di situs Lazada dijual sebesar Rp 2.300.000.

Di tahun 2020, ketersediaan iPhone 6 Plus dalam kondisi baru masih tersedia. Anda bisa mendapatkannya di distributor di toko-toko seperti di ITC Cempaka Mas di Jakarta.

Untuk harga HP iPhone 6 Plus dalam kondisi baru yang dijual di distributor resmi Apple, yaitu iBox, kondisi baru sudah tidak dijual. Faktor tahun produksi yang menyebabkan iBox menghentikan penjualan iPhone 6 Plus di gerainya.

Sebagai salah satu ponsel keluaran Apple, iPhone 6 Plus masih menjadi primadona bagi sebagian Apple fanboy. Bentuknya yang masih konsisten dan tidak berbeda jauh dengan desain favorit iPhone 5 membuat iPhone 6 Plus masih dicari.

Harga hp iPhone 6 Plus yang masih tinggi jika dibandingkan dengan ponsel Android membuat iPhone 6 Plus masih menjadi nilai tambah ketika dijual kembali. Namun, dalam 2 sampai 3 tahun mendatang, dapat dipastikan Apple menghentikan dukungannya untuk ponsel ini.

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *